Top Ten Sertifikasi Internasional IT

Sertifikasi ini bertujuan memvalidasi skill peserta dalam sistem administrasi pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.

Sertifikasi Internasional IT adalah sertifikasi bidang teknologi informasi yang didapatkan melalui proses ujian yang diselenggarakan secara independen untuk menguji kompetensi IT seseorang. Sertifikasi komputer yang didapat melewati proses ujian ini diakui secara global. Bisa digunakan untuk mencari pekerjaan di berbagai negara belahan dunia. Umumnya sertifikasi internasional IT dikeluarkan oleh vendor produk tertentu dan ujian diselenggarakan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan vendor tsb. PT. NetSolution adalah salah satu pemegang lisesni Pearson VUE Authorized Test Center yang bisa menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional bidang teknologi informasi.

Bagi Anda yang tertarik memiliki sertifikasi internasional IT atau mengikuti kursus komputer, silahkan hubungi tim sales kami di nomer : 0896-10016124,  0811-8888657  atau Call Center : 021-8095888.

Beragam Sertifikasi Internasional IT

Dalam dunia teknologi informasi, ada banyak sekali sub-bidang kompetensi. Akibatnya setiap sub-bidang kompetensi IT memerlukan fokus dan perhatian yang besar agar mampu menguasainya baik dari sisi pengetahuan maupun skillnya. Begitu juga dengan sertifikasinya, dunia IT memiliki banyak sekali program sertifikasi internasional IT. Sedemikian banyaknya sehingga Anda sebaiknya fokus pada bidang tertentu yang memang benar-benar ingin dikuasi. Karena mustahil bisa menguasai seluruh bidang kompetensi yang ada dalam dunia teknologi informasi.

Selain itu sertifikasi IT juga bisa digolongkan dalam beberapa jenis. Dari sertifikasi yang dikeluarkan oleh vendor yang membuat produk IT-nya. Sertifikasi yang dikeluarkan oleh organisasi independen yang sifatnya vendor-neutral atau sertifikasi resmi dari suatu lembaga atau instansi negara. Beragam macamnya tapi semuanya bertujuan satu : memenuhi kebutuhan dari para profesional IT untuk sebauh pengakuan kompetensi di bidang teknologi IT. Di pihak lain sertifikasi ini juga membantu dunia industri mendapatkan SDM IT yang kompeten.

Sepuluh Top Sertifikasi IT yang Patut Dimiliki

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi internasional IT yang populer di Indonesia dan juga di dunia. Sengaja kami pilih khusus sertifikasi terpopuler di Indonesia karena kebutuhan SDM IT dengan sertifikasi ini banyak dicari oleh perusahaan baik perusahaan IT maupun perusahaan yang non-IT tapi operasionalnya sangat bergantung dengan teknologi informasi.

1.CCNA

Cisco Certified Network Associate (CCNA) adalah sertifikasi pengakuan kompetensi bidang jaringan komputer untuk entry level network engineer dengan ruang lingkup jaringan yang berskala mid-sized  router & switch. Keterampilan ini meliputi keahlian dalam merancang, membangun, dan melaksanakan troubleshooting jaringan komputer baik LAN dan WAN. Sertifikasi CCNA adalah sertifikasi yang sifatnya mandatory alias wajib untuk dimiliki bagi para calon network engineer yang ingin bekerja di enterprise. Karena perangkat Cisco Systems banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar bagi keperluan jaringan komputernya. Namun demikian sebaiknya pemilik sertifiaksi CCNA juga memiliki sertifikasi kompetensi IT lainnya seperti : server administration, security, linux, dan lainnya. Untuk menunjang pekerjaan sekaligus menjadi nilai lebih keahlian yang dapat diandalkan sehingga terlihat eye catching di mata employer. Untuk informasi mengenai training dan sertfikasi CCNA silahkan kunjungi informasinya di sini : Training dan Sertifikasi CCNA.

2. CCNP

Cisco Certified Networ Professional (CCNP) adalah sertifikasi kompetensi keahlian jaringan komputer yang menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki keahlian jaringan komputer di tingkatan profesional atau level kompetensinya di atas kompentensi dari sertifikasi CCNA. Pemilik sertifikasi ini mampu merancang, membangun, dan melaksanakan troubleshooting perangkata jaringan LAN/WAN sampai dengan 500 devices. Jumlah pemilik sertifikasi ini di Indonesia masih terbilang belum banyak. Oleh karenanya pemilik sertifikasi CCNP akan terlihat eye catching di mata employer sehingga mereka tertarik merekrut pemilik sertifikasi ini untuk bekerja di perusahaannya sebagai Network Engineer. Karena eye catching tentu berpengaruh terhadap salary yang ditawarkan. Pengahasilan mereka terbilang cukup tinggi bila dibandingkan dengan profesi-profesi IT lainnya. Bila Anda tertarik memiliki sertifikasi ini, ikuti trainingnya di sini : Training CCNP.

3. CCIE

CCIE adalah sertifikasi kompetensi keahlian jaringan komputer di mana pemiliknya digelari pakar di bidang jaringan komputer sesuai dengan kualifikasi yang tertera di sertifikat tsb. Karena sertifikasi ini merupakan sertifikasi kompetensi untuk level knowlede dan skills tertinggi yang diberikan oleh Cisco Systems kepada para profesional IT di bidang jaringan komputer. Matei ujian sertifasi relatif sangat sulit namun kalau kita belajar sungguh-sungguh insya allah ada jalan. Mungkin yang cukup menantang adalah biaya ujiannya yang bisa mencapai puluhan juta. Jadi kalau gagal lumayan bisa bikin nangis bombay. Proses ujiannya dilaksanakan dalam dua tahap : written test dan simulasi lab. Untuk simulasi lab langsung diselenggarakan oleh Cisco Systems. Bagi yang lulus ujian dan memiliki sertifikasi ini, ibaratnya tinggal tunjuk mau kerja di perusahaan mana, negara mana, dan mau gaji sebesar apa… karena banyak yang membutuhkan dan memperebutkannya.

4. Comptia Network+

Sertifikasi Comptia Network+ adalah sertifikasi kompetensi yang menyatakan bahwa pemiliknya memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola, merawat, troubleshoot, instalasi, mengoperasikan, dan mengkonfigurasikan infrastruktru jaringan komputer di level dasar. Merupakan sertifikasi jaringan komputer yang menjadi alternatif selain CCNA dan bersifat vendor-neutral oleh karenanya mereka yang memiliki sertifikasi ini memiliki kemampuan menghandle beragam perangkat jaringan komputer tanpa tergantung pada vendor tertentu. Sertifikasi Comptia Network+ menjadi sertifikat yang paling favorit di Eropa saat ini. Tertarik untuk mengikuti training ini? Silahkan kunjungi link ini : Training Comptia Network.

4. MTCNA

MikroTik Certified Network Associate adalah sertifikasi kompetensi di tingkat dasar (associate) untuk keahlian jaringan komputer berbasis produk MikroTik. Tidak hanya memiliki pengetahuan teknologi jaringan berbasis produk MikroTik tapi juga memiliki kompetensi dalam hal setting dan konfigurasi jaringan Mikrotik. Sertifikasi MTCNA adalah sertifikasi jaringan komputer populer kedua setelah CCNA di Indonesia. Ini disebabkan banyaknya penggunaan perangkat mikrotik di sini. Karena banyaknya perusahaan di Indonesia yang menggunakan perangkat jaringan Mikrotik sebagai infrastruktur IT-nya maka terbuka luas lapangan pekerjaan Network Engineer dengan sertifikasi Mikrotik MTCNA. Bila ingin mendapatkan sertifikasinya silahkan kunjungi informasi training dan sertifikasinya di sini : Training Mikrotik MTCNA.

5. Comptia Linux+

Tidak seperti sertifikasi linux dari vendor, Comptia Linux+ mengcover linux dari berbagai distribusi. Sertifikasi ini menjamin keahlian pemiliknya terbebas dari kondisi platform lock in terhadap produk dari vendor tertentu.  Comptia Linux+ juga mempromosikan pendekatan fleksibel troubleshooting linux. Pemilik sertifikasi Comptia Linux+ menguasai kompetensi sebagai berikut : sistem konfigurasi, command line interface, scripting basic, network setting and services, dan system security. Karena meluasnya penggunaan OS Linux untuk kepentingan OS server bagi kebutuhan Progesional IT di bidang Linux sangat tinggi untuk melakukan kegiatan setting, konfigurasi, dan maintenance server linux. Jadi nggak usah khawatir, pemilik sertifikasi ini pasti selalu di cari perusahaan yang membutuhkan keahliannya dalam mengelola server linux. Informasi mengenai program training dan sertifikasi Comptia Linux, silahkan kunjungi link ini : Training Comptia Linux.

6. Cobit 5

Sertifikasi Cobit5 adalah sertifikasi bagi para profesional untuk kompetensi di bidang Tata Kelola Teknologi Informasi. COBIT 5 sebenarnya adalah framework bisnis yang berisikan beragam tools, panduan, dan sumberdaya untuk mengelola managemen dan administrasi teknologi informasi. Cobit merupakan produk bersama beberapa pakar di organisasi nonprofit ISACA sehingga framework digunakan secara global di seluruh dunia. Sertifikasi Cobit 5 cocok buat mereka yang ingin menggeluti dunia konsultasi di bidang manajemen administrasi dan bisnis teknologi informasi. Informasi lebih lanjut mengenai training cobit silahkan kunjungi link ini : Training Cobit 5 Awareness.

7. Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)

Sertifikasi ini merupakan bukti kompetensi bagi para pemiliknya dalam mengelola sistem administrasi pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux. Hampir semua server di seluruh dunia menggunakan Linux dan distro Red Hat adalah distro komersial Linux yang paling banyak digunakan. Dominan server linux enterprise yang digunakan oleh perusahaan besar adalah menggunakan distro Red Hat. Software OS Red Hat Linux adalah software komersial selayaknya Microsoft Windows Server namun dengan harga yang relatif jauh murah dan disertai dukungan support dari Red Hat, tidak seperti distro linux lainnya. Oleh karenanya, pemilik sertifiakasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki server farm berbasis Red Hat.

8. CEH

CEH atau Certified Ethical Hacker adalah sertifikasi di bidang keamanan cyber yang di keluarkan oleh EC-Council. Sertifikasi CEH saat ini sangat populer dan banyak orang mengambilnya agar bisa menjadi ahli cyber security. Proses pembelajaran layaknya pembelajaran seorang hacker namun Anda diarahkan untuk menjadi hacker yang bermoral atau white hat hacker. Dengan semakin banyaknya kasus kejahatan hacking di seluruh dunia khususnya terhadap perusahaan penting seperti perbankan atau perusahaan besar lainnya maka mereka membutuhkan tenaga ahli keamanan IT yang punya kemampuan melawan hacker. Jadi hacker di lawan dengan hacker… tentunya pemilik sertifikasi ini adalah hacker yang baik alias white hat hacker. Imbalannya tentu sangat besar, karena ditangan kalian keselamatan proses bisnis perusahaan terlindungi.

9. VCP

Sertifikai VCP menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki kompetensi dalam perencanaan dan implementasi teknologi virtualisasi berbasis produk VMware. Saat ini hampir seluruh aplikasi yang digunakan di jalankan melalui sistem yang berjalan di atas server berteknologi virtualisasi. Selain memberikan efisiensi dan optimalisasi sumberdaya perangkat keras. Juga menjamin ketersediaan tingkat layanan di level yang tinggi karena sistem backup otomatis dan fleksibilitas penggunaan sumberdaya perangkat. Kompetensi di bidang virtualisasi server menjadi salah satu kompetensi dengan tingkat salary yang sangat tinggi di dunia teknologi informasi. Kami menyarankan Anda memiliki sertifikasi ini bila ingin meningkatkan pendapatan dan karir IT ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

10. MTCITP

Sertifikasi yang cocok bagi profesional IT atau pengembang yang sudah memiliki pengalaman.  MCTS dan MCITP(Microsoft Certified IT Professional) menawarkan pelatihan teknologi terbaru seperti Microsoft Exchange Server 2010. Windows Server 2008 dan SQL Server 2008. Para professional yang bekerja dengan MCTS rata-rata berpendapatan 73.474 dolar setahun(Global Knowledge).

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program training dan sertifikasi yang kami selenggarakan, silahkan hubungi tim sales kami di : Telp/WA : 0896-10016124,  0811-8888657 atau Call Center kami : 021-47884163/68.

Tautan Lain

***

Kontak Via WA