Digital marketing mencakup semua upaya marketing yang memanfaatkan perangkat atau internet. Di mana keberadaan atau eksistensi usaha atau bisnis menguat melalui saluran digital seperti : search engine, sosial media, email, atau website yang terkoneksi dengan konsumen.
Sementara itu marketing tradisional eksis dalam bentuk cetakan iklan, komunikasi telepon, atau marketing yang sifatnya fisik maka digital marketing muncul dalam bentuk elektronik dan online. Dengan demikian melalui digital marketing lebih banyak peluang dan kesempatan merk kita mencapai konsumen melalui email, video, sosmed, dan search engine.
Dalam kondisi saat ini, digital marketing menempati peranan vital bagi bisnis dan brand awareness. Hampir semua brand atau bisnis saat ini memiliki website. Jika tidak, maka minimal eksistensinya bisa dilihat di sosial media dan iklan digital. Konten marketing sekarang menjadi sangat umum dibutuhkan oleh konsumen yang ingin mengetahui lebih banyak produk atau brand yang ingin mereka beli.
Bagaimana Bisnis Mendefinisikan Digital Marketing
Digital marketing didefinisikan sebagai penggunaan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan di tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka yaitu saat online. Dimulai dari situs web itu sendiri hingga aset pencitraan merek online bisnis – periklanan digital, pemasaran email, brosur online, dan lainnya – semuanya masuk ke dalam spektrum taktik yang berada di bawah payung istilah digital marketing.
Seorang digital marketer terbaik memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran digital mendukung tujuan menyeluruh mereka. Dan tergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, pemasar dapat mendukung kampanye yang lebih besar melalui saluran gratis dan berbayar yang mereka miliki.
Seorang konten marketer, misalnya, dapat membuat serangkaian posting blog yang berfungsi untuk menghasilkan arahan dari ebook baru bisnis yang baru saja dibuat. Pemasar media sosial perusahaan kemudian dapat membantu mempromosikan posting blog ini melalui posting berbayar dan organik di akun media sosial bisnis. Mungkin pemasar email membuat kampanye email untuk mengirim mereka yang mengunduh ebook lebih banyak informasi tentang perusahaan. Kami akan membahas lebih lanjut tentang pemasar digital spesifik ini sebentar lagi.
Dalam training digital marketing foundation ini, peserta akan mempelajari apa itu digital marketing, strategi digital marketing, dan skills yang diperlukan untuk mengelola aktivitas digital marketing.
Tipe Digital Marketing
Ada beragam tipe digital marketing, berikut ini adalah tipe kegiatan marketing yang dipelajari dalam training digital marketing foundation, antara lain sebagaimana berikut:
- Search Engine. Pasti Anda sudah sering sekali menggunakan mesin pencarian (Search Engine), seperti Google misalnya, untuk mencari berbagai macam informasi yang anda perlukan. Kabar baiknya 80% user internet mencari informasi di internet melalui search engine. Pendekatannya ada dua cara agar website memiliki posisi yang bagus, yaitu : search engine marketing (berbayar) dan search engine optimization.
- SMS Marketing. Pemasang iklan SMS seringkali menggunakan iklan SMS ini untuk mendistribusikan informasi mengenai program diskon produk atau jasa mereka, produk atau jasa baru mereka, atau sekedar mengarahkan penerima SMS iklan untuk mengakses situs web pemasang iklan.
- Email Marketing. E-mail Marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan e-mail sebagai alat pemasaran satu – satunya. Isi email sendiri bisa berupa berbagai jenis konten pemasaran, misalnya memperkenalkan profil perusahaan, memperkenalkan produk atau jasa, mengirimkan artikel baru mengenai perkembangan perusahaan, dan lain sebagainya.
- Sosial Media Marketing. nda dapat menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain – lain, untuk melakukan pemasaran digital. Followers anda di media sosial adalah audiens anda. Apabila para followers anda di media sosial dikonversi dengan baik dan efektif, maka sebagian besar followers anda di media sosial bisa menjadi pelanggan produk atau jasa anda.
- Konten Marketing. Content Marketing secara singkat bisa dikatakan sebagai sebuah seni berjualan kepada audiens, menggunakan konten – konten digital sebagai alat utama berjualan, tanpa audiens merasakan bahwa kita sedang berjualan kepada audiens.
Tujuan Training Digital Marketing Foundation
- Peserta memahami definisi dan strategi digital marketing.
- Peserta mampu membuat website untuk digital marketing.
- Peserta memiliki kemampuan melakukan analisis digital marketing.
- Peserta memiliki kemampuan SEO dan SEM.
- Peserta mampu melakukan digital marketing menggunakan sosial media.
- Peserta mampu membuat konten marketing.
Tipe Kelas Training
- Kelas Publik. Ini adalah training yang proses belajar-mengajar dan praktek full offline di dalam kelas sebagaimana proses training konvensional. Kelas publik diselenggarakan selama dua hari penuh di lokasi training kami di Rawamangun, Jakarta.
- Kelas Full Online. Dimana training diselenggarakan full secara online melalui webinar. Dimana presentasi dan diskusi dilakukan melakui webinar dan peserta akan melaksanakan kegiatan praktek dipandu melalui webinar. Waktu training selama dua hari.
Informasi Lebih Lanjut
Untuk informasi lebih detail mengenai kegiatan training ini bisa menghubungi Tim Sales Edukatama, sebagaimana berikut di bawah ini:
- Contact Person : Sumitro / Sumiyati
- Nomer Telepon : 021-47884169 (Office) atau 0856-9700-0843 / 0812-8714-9720 (WA-Only) atau email: sales@netsolution.co.id
- Alamat Email : sales@netsolution.co.id