Program Training

IT Master Plan

informasi

Deskripsi Program Training

IT Master Plan adalah cetak biru yang menerjemahkan strategi perusahaan menjadi rencana implementasi teknologi sistem informasi. Sebelum membangun infrastruktur IT, maka perlu dibuat terlebih dahulu IT Master Plan.  IT Master Plan dibuat berdasarkan strategi dan proses bisnis perusahaan. Melalui pemahaman terhadap arsitektur bisnis organisasi maka disusunlah IT Master Plan atau cetak biru yang kemudian menjadi landasan pembuatan infrastruktur IT.

IT Master Plan adalah cetak biru yang menerjemahkan strategi perusahaan menjadi rencana implementasi teknologi sistem informasi. Sebelum membangun infrastruktur IT, maka perlu dibuat terlebih dahulu IT Master Plan. IT Master Plan disusun berdasarkan strategi dan proses bisnis perusahaan. Melalui pemahaman terhadap arsitektur bisnis organisasi dan trend mutakhir teknologi informasi maka disusunlah IT Master Plan atau cetak biru yang kemudian menjadi landasan pembuatan infrastruktur teknologi informasi suatu organisasi.

Para pengambil keputusan diharuskan mampu merumuskan hal-hal strategis berkaitan dengan infrastruktur ICT, menurut Pearlson (2004), yang perlu dilakukan adalah, pertama menerjemahkan strategi ke dalam arsitektur dan, kedua, menerjemahkan arsitektur dalam bentuk IT Master Plan ke dalam infrastruktur. Ada beberapa framework arsitektur IT atau IT Master Plan yang dapat digunakan. Secara umum framework tsb menekankan pada kebutuhan untuk mempertimbangkan strategi bisnis ketika mendefinisikan blok bangunan IT dari organisasi yang bersangkutan.

Dalam Training Teknik Penyusunan IT Master Plan ini, kami menekankan pada kemampuan teknis dalam menyusun dan mengembangkan IT Master Plan dengan menggunakan tujuh tahapan metodologis dalam menyusun IT Master Plan.

Aspek Penting

Pendekatan Enterprise architecture (Arsitektur enterprise), yang digunakan untuk logika pengaturan dan perencanaan untuk seluruh organisasi, bertujuan menentukan bagaimana teknologi informasi akan mendukung proses bisnis. Cara ini diawali dengan mengidentifikasi proses inti perusahaan dan bagaimana mereka akan bekerja sama, bagaimana sistem TI akan mendukung proses bisnis, kemampuan teknis standar dan kegiatan untuk semua bagian dari perusahaan, dan pedoman untuk membuat pilihan. Berikut aspek penting atau utama dalam penyusunan IT Master Plan :

  1. Strategi Bisnis. Strategi bisnis perusahaan yang mencakup visi, misi dan tujuan bisnis perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. IT Strategy, Strategi perencanaan arisitektur dan infrastruktur perusahaan.
  2. Teknologi Informasi. Mengetahui dan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi. Karena perkembangan dunia ITyang pesat harus diimbangi dengan kecepatan didalam antisipasi dan reaksinya.

Benefit Mengikuti Training

  1. Training ini dilaksanakan dengan mengacu kepada framework atau kerangka kerja untuk penyusunan IT Master Plan, antara lain : SITAP, TOGAF, dan COBIT.
  2. Dalam training ini diharapkan peserta setelah selesai mengikuti mampu menyusun IT Master Plan hingga sampai level teknis penulisannya. Bukan sekedar teori yang mengawang-awang tapi langsung ke cara bagaimana menuliskannya.
  3. Proses pelatihannya akan lebih banyak proses penugasan (assignment) baik di kelas maupun yang sifatnya homework sehingga peserta menjadi lebih paham dan memiliki skill untuk menyusun IT Master Plan.
  4. Telah disediakan model diagram dan template yang memudahkan proses penyusunan IT Master Plan sehingga peserta training bisa secara terstruktur dan sistematis dalam menyusunnya.
  5. Penyelenggara training (NetCampus) telah memiliki sertifikasi ISO9001:2015 untuk penyelenggaraan training dan sertifikasi sehingga terjamin kualitas pelayanan training dan sertifikasinya.

Tipe Kelas Training

Kami menyelenggarakan program training ini dalam dua jenis kelas belajar-mengajar sebagaimana berikut di bawah ini:

  1. Kelas Publik. Ini adalah training yang proses belajar-mengajar dan praktek full offline di dalam kelas sebagaimana proses training konvensional. Kelas publik diselenggarakan selama dua hari penuh di lokasi training kami di Rawamangun, Jakarta.
  2. Kelas Full Online. Dimana training diselenggarakan full secara online melalui webinar. Dimana presentasi dan diskusi dilakukan melakui webinar dan peserta akan melaksanakan kegiatan praktek dipandu melalui webinar. Waktu training selama dua hari.

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih detail mengenai kegiatan training ini bisa menghubungi Tim Sales Edukatama, sebagaimana berikut di bawah ini:

  • Contact Person : Sumitro / Sumiyati
  • Nomer Telepon :  021-47884169 (Office) atau 0856-9700-0843 / 0812-8714-9720 (WA-Only)
  • Alamat Email : sales@netsolution.co.id

Materi Training

  1. Pemahaman terhadap lingkungan organisasi bisnis, antara lain : visi dan misi, value, produk dan layanan, segmentasi pasar, tipe customer, profil kompetitor, list supplier, lanskap industri, pengaruh dari luar, pengaruh dari dalam, model bisnis.
  2. Mendefinisikan kebutuhan bisnis, antara lain : trend industri, prinsip inti, rantai proses, tujuan, issu dan problem, peluang, benchmarking, best practices, analisis biaya-keuntungan, dan value preposition.
  3. Menentukan target kapabilitas teknologi informasi, antara lain : Pemetaan terhadap kapabilitas yang dibutuhkan, trend teknologi global, standar dan prinsip, sistem portofolio, arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi inti, arsitektur informasi, arsitektur teknologi, arsitektur SDM, dan arsitektur tata kelola.
  4. Asessmen kondisi eksisting, antara lain : arsitektur sistem, portofolio aplikasi, infrastruktur jaringan, arsitektur data dan informasi, development status, manajemen supplier, SDM dan struktur, model tata kelola, analisis kinerja, audit/review.
  5. Melakukan analisis kesenjangan, antara lain : kesenjangan sistem bisnis, pemetaan sumberdaya sistem, kesejangan aplikasi, kesejangan sistem database, kesejangan jaringan komputer, kesenjangan struktur dan SDM, kesenjangan kebijakan dan tata kelola, matrik analisis kesenjangan, strategi pengadaan dan pengembangan, strategi penugasan.
  6. Pengembangan proyek strategis dan roadmap, antara lain : pemetaan sumberdaya dan sistem bisnis, inisiatif pengembangan aplikasi, inisiatif peningkatan kemampuan database, inisiatif peningkatan jaringan komputer, inisiatif pengelolaan SDM, inisiatif peningkatan tata kelola, pengelompokan progam dan proyek, project charter, definisi project, penyusunan roadmap.
  7. Komunikasi dan tata kelola portofolio proyek, antara lain : struktur gugus tugas, peran dan tanggungjawab, target audiens, pesan inti, tujuan marketing, material dan konten, tools dan teknik, jadwal kampanye dan penugasan, project balance score card, integrasi eksekusi manajemen proyek dalam satu framework.
Testimoni

Apa yang dikatakan oleh Klien?

"Kegiatan training dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan. Trainer yang ramah dan staff yang selalu membantu."

Iriana Chadijah
Staff PT. Kencana Wungu

“Trainernya sangat kompeten dan berpengalaman. Cara mengajarkannya pun enak sehingga mudah dipahami. Semoga saya dapat mengaplikasikan ilmunya di tempat saya bekerja”

Anwar
GM PT. Telenicore

“Pilihan tempat training yang tepat. Saya merekomendasikannya buat kalian untuk mengikuti training disini. Trainernya OK dan sangat menguasai materi”

Andri Iskandar
Product Specialist Lynda ERP
Open chat
Apa Kabar?
Ada yang bisa kami bantu?